Selasa, Juli 16, 2024
Food

Ikan Salmon: Manfaat, Nilai Gizi Ikan serta Harganya

Manfaat dan Nilai Gizi Ikan Salmon serta Harganya

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang paling populer di dunia karena kandungan gizinya yang sangat tinggi dan manfaat kesehatannya yang luar biasa. Dikenal sebagai sumber utama asam lemak omega-3, salmon sering direkomendasikan dalam berbagai diet sehat. Artikel ini akan membahas manfaat kesehatan, nilai gizi, serta harga ikan salmon.

Manfaat Kesehatan Ikan Salmon

1. Kaya akan Asam Lemak Omega-3

Salmon adalah sumber utama asam lemak omega-3, terutama EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid). Omega-3 memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk:

  • Mendukung Kesehatan Jantung: Omega-3 membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar trigliserida, mengurangi peradangan, dan menjaga tekanan darah tetap normal.
  • Meningkatkan Fungsi Otak: DHA adalah komponen penting dari sel otak dan saraf. Mengonsumsi salmon dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan memori.
  • Meningkatkan Kesehatan Mata: Omega-3 juga penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu mencegah degenerasi makula yang terkait dengan usia.

2. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Salmon adalah sumber protein berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Protein dalam salmon mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Salmon mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, termasuk:

  • Vitamin B12: Penting untuk produksi sel darah merah dan kesehatan saraf.
  • Vitamin D: Membantu penyerapan kalsium dan mendukung kesehatan tulang.
  • Selenium: Antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.
  • Kalium: Membantu mengontrol tekanan darah dan fungsi otot.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Kandungan antioksidan dalam salmon, seperti astaxanthin, membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

5. Mendukung Kesehatan Mental

Asupan omega-3 yang cukup telah dikaitkan dengan penurunan risiko depresi dan kecemasan. Mengonsumsi salmon secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Nilai Gizi Ikan Salmon

Berikut adalah nilai gizi yang terdapat dalam 100 gram ikan salmon segar:

  • Kalori: 206 kkal
  • Protein: 22 gram
  • Lemak: 12 gram
  • Asam Lemak Omega-3: 2.5 gram
  • Vitamin B12: 3.2 mikrogram (133% dari AKG)
  • Vitamin D: 526 IU (131% dari AKG)
  • Selenium: 27.6 mikrogram (50% dari AKG)
  • Kalium: 363 miligram (10% dari AKG)

Salmon juga mengandung vitamin A, E, B6, serta magnesium dan fosfor, yang semuanya penting untuk berbagai fungsi tubuh.

Harga Ikan Salmon

Harga ikan salmon dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis salmon, asal usulnya (liar atau budidaya), serta tempat dan metode pembelian. Berikut adalah gambaran umum harga salmon di pasaran:

1. Salmon Liar

Salmon liar, terutama yang berasal dari perairan Alaska, cenderung lebih mahal dibandingkan salmon budidaya. Ini disebabkan oleh metode penangkapan yang lebih sulit dan kualitas daging yang dianggap lebih baik. Harga salmon liar bisa mencapai Rp300.000 hingga Rp600.000 per kilogram, tergantung pada jenis dan kesegarannya.

2. Salmon Budidaya

Salmon budidaya biasanya lebih murah dibandingkan salmon liar karena produksi yang lebih terkontrol dan berkelanjutan. Harga salmon budidaya berkisar antara Rp200.000 hingga Rp400.000 per kilogram. Meskipun lebih murah, salmon budidaya masih menawarkan nilai gizi yang sangat tinggi.

3. Fillet Salmon

Fillet salmon, yang telah dibersihkan dan dipotong, biasanya dijual dengan harga yang sedikit lebih tinggi per kilogram dibandingkan salmon utuh. Harga fillet salmon berkisar antara Rp250.000 hingga Rp500.000 per kilogram.

4. Salmon Asap dan Produk Olahan

Salmon asap dan produk olahan lainnya seperti sashimi atau sushi juga tersedia di pasaran. Harga salmon asap biasanya berkisar antara Rp300.000 hingga Rp700.000 per kilogram, tergantung pada kualitas dan metode pengasapan.

Tips Membeli dan Menyimpan Salmon

Membeli Salmon

  • Periksa Kesegaran: Pastikan salmon segar dengan memeriksa mata yang jernih, kulit yang mengkilap, dan daging yang kenyal. Hindari salmon yang berbau amis.
  • Pilih Sumber yang Terpercaya: Beli dari penjual yang terpercaya untuk memastikan kualitas dan kebersihan salmon.
  • Perhatikan Label: Jika membeli salmon budidaya, pilih produk yang bersertifikasi untuk memastikan metode budidaya yang berkelanjutan dan bebas dari bahan kimia berbahaya.

Menyimpan Salmon

  • Pendinginan: Simpan salmon segar di lemari es pada suhu di bawah 4°C dan konsumsi dalam 1-2 hari.
  • Pembekuan: Jika tidak akan segera dikonsumsi, salmon bisa dibekukan. Bungkus dengan rapat dalam plastik kedap udara dan simpan di freezer. Salmon beku bisa bertahan hingga 3 bulan.

Baca juga: 7 jenis Ikan Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak, Ortu Wajib Tahu

Ikan salmon adalah makanan super yang kaya akan nutrisi penting dan memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung, otak, dan mata. Dengan kandungan asam lemak omega-3, protein, vitamin, dan mineral yang tinggi, salmon layak untuk dimasukkan dalam diet rutin. Meskipun harganya bisa cukup tinggi, terutama untuk salmon liar, investasi dalam kesehatan jangka panjang menjadikannya pilihan yang sangat berharga. Pastikan untuk memilih salmon dari sumber yang terpercaya dan menyimpannya dengan benar untuk menikmati manfaat maksimal dari ikan yang luar biasa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *